Cara Membuat Database dan Table di MySQL

Kesulitan membuat database dan table di MySQL? Pelajari cara lengkapnya untuk mengoptimalkan pengalaman belajarmu di sini!

Cara Membuat Database dan Table di MySQL
Cara Membuat Database dan Table di MySQL - onxp blog

Sebagai salah satu open-source relational database management system (RDBMS) yang paling banyak digunakan, MySQL memberikan performa yang tinggi, mudah untuk digunakan, dan kemanan data. Jika kamu belum mengetahui cara membuat database dan table di MySQL, perhatikan panduan lengkap di bawah ini.

Cara Membuat Database di MySQL

Membuat database di MySQL tidak serumit yang dibayangkan, kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Sebelum membuat database di MySQL, pastikan kamu telah menginstal MySQL di perangkatmu. Kamu bisa melihat cara menginstal MySQL dengan mudah di sini.
Cara Mengunduh MySQL: Panduan Step by Step untuk Pemula
Masih bingung gimana cara mengunduh MySQL? Temukan jawabannya di sini, lengkap!
  1. Lalu, akses MySQL melalui command line atau antarmuka grafis seperti phpMyAdmin. Jika kamu menggunakan command line, buka terminal atau command promp, lalu ketik perintah seperti ini:

mysql -u your_username -p

Ganti your_username dengan nama pengguna MySQL-mu, lalu kamu akan diminta untuk memasukkan kata sandi.

Mulailah buat database-mu dengan menggunakan perintah CREATE DATABASE db_name untuk membuat database baru. Ketika kamu membuat database, ingatlah kamu bisa menggunakan perintah apa pun sesuai keinginan. Gunakan perintah berikut:

CREATE DATABASE db_name;

  1. Unuk memverifikasi bahwa database-mu telah dibuat dengan benar, dan kamu ingin memeriksa daftar semua database, gunakan perintah SHOW DATABASES;
Cara Membuat Database di MySQL - onxp blog
  1. Untuk memastikan database telah dibuat dengan benar, jalankan kembali perintah SHOW DATABASES. Jika tidak ada kesalahan dalam pembuatan, database yang baru dibuat juga ditampilkan dalam daftar.

Ada beberapa catatan yang perlu kamu ingat saat membuat database di MySQL:

  1. Ingatlah setiap query harus diakhiri dengan simbol “;” (titik koma), dan menekan Enter. Tanpa kedua hal tersebut, MySQL tidak akan menjalankan query seperti yang kamu mau.
  2. MySQL juga dapat mengidentifikasi kata dalam query yang berisi perintah, dan kata yang merupakan nama. Kata pertama harus ditulis dalam huruf besar dan kata kedua dalam huruf kecil.
  3. Saat terjadi kesalahan dalam database di MySQL, kamu hanya perlu menggunakan perintah “DROP” untuk menghapus database. Gunakan perintah berikut:

DROP DATABASE db_name

Cara Membuat Database di MySQL - onxp blog

Cara Membuat Table di MySQL

Membuat table di MySQL penting untuk mengatur data dalam bentuk baris dan kolom dan digunakan untuk menyimpan dan menampilkan catatan dalam format struktur. Perhatikan langkah-langkah berikut.

  1. Jika kamu ingin membuat table di database tertentu, gunakan perintah “USE” agar MySQL bisa secara otomatis menggunakan database yang telah tersedia: USE db_name;
  2. Untuk membuat table baru di MySQL, kamu bisa gunakan perintah CREATE TABLE. Tentukan nama table dan definisi kolom dalam tanda kurung. Contohnya, untuk table yang berisi nama pengguna dengan kolom id, nama, dan email, gunakan perintah ini:
CREATE TABLE users (
    id INT AUTO_INCREMENT PRIMARY KEY,
    name VARCHAR(50),
    email VARCHAR(100)
);
id name email
1 John john@example.com
2 Alice alice@example.com
3 Bob bob@example.com

Table markdown ini menunjukkan struktur yang digunakan pada table yang terdiri dari tiga kolom: id, name, dan email. Kamu bisa memodifikasi data sesuai kebutuhanmu.

  1. Untuk memverifikasi bahwa table telah dibuat, lihatlah semua table dalam database saat ini dengan menggunakan perintah SHOW TABLES;

Membuat database dan table di MySQL adalah bagian penting dari manajemen database. Kini, kamu bisa menggunakan dan membuat database dan table di MySQL untuk menyimpan dan mengorganisir data-datamu secara efektif.

Kesulitan belajar MySQL? Tenang, ONXP bisa bantu kamu

Gabung sekarang juga

Read more